Manfaat Sholat Tahajud

June 2nd, 2011 by admin | Posted under agama.
agen bola

Manfaat Sholat Tahajud - Sholat tahajud merupakan sholat yang dilakukan pada tengah malam, yaitu sekitar jam 01.30-03.00 . Sholat tahajud dilakukan setelah bangun dari tidur (tetapi beberapa orang ada yang bilang boleh juga dilakukan walaupun tidak tidur). Sholat malam ini banyak sekali manfaat nya, dan terkadang sholat tahajud mendatangkan beberapa keajaiban yang tidak terduga, Subhanallah. sebagaimana firman Allah Surat Al-Isra’ ayat 79 yang berbunyi: “Dan pada sebagian malam bertahajjudlah dengannya sebagai tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat engkau ke tempat yang terpuji.”

 

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang diajarkan oleh Nabi, namun kia dianjurkan tuk melaksanakan sesering mungkin, karena manfaat sholat tahajud sungguh besar. Walaupun mungkin terasa berat, apabila kita terbiasa melakukannya, Insya Allah, sholat tahajud merupakan jawaban atas beberapa rasa stres ataupun segala permasalahan yang ada.

Manfaat sholat tahajud diantaranya adalah :
1. Membuat hati merasa aman dan tentram
2. Dijauhkan dari godaan syaiton
3. Memperlancar rezeki
4. Menumbuhkan ketenangan berpikir serta bertindak
5. Membuat badan jadi sehat
6. Membersihkan pikiran yang jelek
7. Membuat seseorang menjadi lebih positif

Berikut ini saya sertakan beberapa pengalaman langsung saya mendengar cerita-cerita dari orang yang melaksanakan tahajud :

  • Cerita dari Ibu Tutik, Jakarta. Dalam hidupnya, sjak umur 25tahun, sampe sekarang (50th) beliau tidak pernah meninggalkan sholat tahajud, dan selama itu pula hidupnyatentram, rezki terus mengalir dan bertambah dengan pesat, dan selalu diberikan kemudahan dalam berbagai jalannya.
  • Pengalaman saya sendiri, hehe :). Walaupun saya tidak melakukan tahajud secara rutin, dan hanya jarang-jarang, tetapi tahajud sungguh besar hidayahnya. Selepas lulus SMA, saya semakin intens melakukan ibdah sholat tahajud. Keajaiban pun saya peroleh dengan diterimanya saya ke perguruan tinggi favorit, serta Ketrimanya saya di salah satu sekolah instansi negara, namun pada akhirnya bingung memilih salah satu, dan pada akhirnya, dengan petunjuk dari Nya, saya memilih yang terbaik menurut kata hati,hehe.
  • Pengalaman Ayah temen saya, seorang pejabat tinggi di daerahnya. Ketika Ayah nya menjabat dan mengemban tugas negara, semakin tinggi jabatannya maka semakin banyak sekali orang yang tidak suka terhadap Ayahnya. Berbagai cara pun dilakukan , termasuk ilmuhitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan santet. Pada awalnya sempat terkena santet, namun, setelah mendapatkan pencerahan dari guru spiritualnya, akhirnya si orang tersebut melakukan ibadah tahajud dengan khusyuk dan rutin. Alhamdulillah, sholat tahajud yang dilakukan dengan khusyuk dan rutin telah menjadikannya sebuah benteng, dan dapat menangkal berbagai hal-hal negatif tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi cerita-cerita akan keajaiban sholat tahajud yang ada, namun yang saya tampilkan hanya tiga saja, biar ga terlalu banyak tmpilan di artikel ini, hehe. Pada dasarnya, sholat tahajud yang dilakukan dengan khusyuk dan ikhlas, serta semata-mata hanya karena Allah, maka hidayah dan berkah yang kita raih sungguh luar biasa besar. Mungkin manfaat sholat tahajud nya pun tidak dapat kita sadari dalam jangka waktu dekat, tetapi akan brdampak di waktu yang akan datang (banyak kejadian yang seperti itu), karena sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala Nya. Allah sungguh akan meninggikan derajat bagi orang-orang yang rela mengerjakan sholat tahajud. Gimana, apakah Anda sudah giat bertahajud? hehe :)


Tags: , , , , ,

Comments

48 Responses to “Manfaat Sholat Tahajud”
  1. donny says:

    bagus infonya.. trus tau dari mana mbak kalo solat tahajud boleh dilakukan dengan tidak tidur sebelumnya ? entaran solatnya nggak sah lagi. mksih

    • deva says:

      ya bangun tidur kan tak ada batasannya, coba bagi pekerja yang biasa kerja di shift malam-pagi, kalau siklus tidurnya misal jam 3 sore, terus bangun jam 10 malam, apa dia juga tidak boleh bertahajud? Allah Maha Mengetahui niat umatnya :)

  2. Lebih banyak manfaatnya dari pada mudartnya.

  3. Dilah says:

    Sebaikny sumber info jngan dr sebagian orang jika itu mengenai hukum,tp dr Alqurandan hadist,supaya tdk ada ksalahan,rosul melakukan shalat tahajud stlh tdr tr lbh dahulu,sedangkan shalat yg dilakukan sblm tdr dinamakan shalat hajat.

    • deva says:

      Pernah Abu Bakar berselisih dgn Umar masalah shalat tahajud itu musti tidur dulu atau tidak. Keduanya kemudian menghadap kepada Rasulullah dan menceritakan masalahnya, yaitu bahwa Abu Bakar suka bertahajud tanpa tidur dulu, sedangkan Umar tidur dulu. Rasulullah hanya menjelaskan bahwa Abu Bakar adalah orang yg hati2 (karena gak pengen tahajudnya terlewat), sedangkan Umar yg tidur dulu itu adalah orang yg kuat.

      Intinya mah tidak ada keharusan tidur dulu sebelum shalat tahajud.
      Allahua’lam…

  4. adam says:

    apakah solat tahajut boleh dilakukan walaupun kita tidak tidur? karena saya bekerja dimalam hari sampai pagi.. mohon info nya :)

  5. Dwieyogo says:

    Lebih Baik kita ikuti sj seperti yg dilakukan Rasulullah…

  6. M Yusuf Alif says:

    ijin sedot gan

  7. novi kartika says:

    pengalaman saya: shalt tahajut benar – benar membuat hidup saya menjadi nyaman dan lebih baik dari sebelumnya. pesan saya Mari kita perbanyak shalat malam, karena sangat bermanfaat sekali.

  8. nidzammukminin says:

    asslmmualaikm,perkongsian untk smua,bila kita niat ingin solat tahajud sblm tdur kemudian kita tak sedar drpd tdur,maka kita ttp mndpt pahala spertimana pahala menunaikn solat tahajud..Allahualam.

  9. Icha says:

    Kk saya 7 thn lalu terserang penyakit leukemia stadium akhir , kata dokter umurnya tidak panjang ! Lalu di sarankan oleh guru ngajiny untuk shalat tahajud tiap malam , alhamdulillah kk saya sembuh total , dokter aja sampe heran ! Dan skrg kk saya sehat walafiat n trus melakukan shalat tahajud tiap malam

  10. hanisusanti says:

    Pengalaman saya : kala itu saya msh duduk di bangku smp,ortu sy menyarankan utk selalu sholatt tahajud agar cita2 yg sy inginkan tercapai.اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبّ الْعَالَمِيْنَ berkat ijin اَللّهُ setelah sy sholatt tahajud apa yg sy cita2kan mjd dosen tercapai.dan اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبّ الْعَالَمِيْنَ sy jg telah mengabulkan keinginan almarhum ibuu sy agar bs mjd dosen.subhanalllahh….inikah “kejaiban sholatt tahajud”

  11. Tas Branded says:

    Nah, ini yang saya cari. Makasih.

  12. Agra says:

    Sepertinya karena mbak suka tahajud juga saya jadi tertarik….

  13. maz_jani says:

    ada gak doa kusus untuk solat tahajut itu sendiri

  14. Juman joice says:

    semua tergantung niat kita.klu kita kerja di wktu malam hari otomatis kita ndak punya wkt untuk tidur, sy rasa Allah jg akan lebih tau itu. dan setau saya sholat tahajud adalah sholat lail/malam yg bisa dilakukan sehabis sholat isya sampai menjelang sholat subuh. oleh karna wktunya cukup panjang maka Allah memberikan imbalan/pahala yg berbeda beda pula. tergantung kita melakukannya pada wkt yg mana.klu kita tidur dulu setelah bangun tidur memang kita merasa berat melakukan sholat tahajud apalagi menjelang sepertiga malam sungguh hal yg tidak mudah kita lakukan meskipun sudah terbiasa, akan tetapi justru karna itulah Allah menjajikan imbalan/pahala yang lebih besar pula. dan klu kita bisa melakukannya pada saat bangun tidur trutama menjelang 1/3 malam maka besar pula faedah & manfaat yg kita peroleh.

  15. I have been browsing online more than three hours as of late, but I by no means found any attention-grabbing article like yours. It’s lovely price enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made excellent content material as you probably did, the internet will likely be a lot more helpful than ever before.

  16. asril says:

    saya mau berbagi pengalaman nyata, istri saya selingkuh , dan menjadi spt wanita nakal maen di kafe, rokok , pulang malam, begitu saya tegor dia malah marah dan mengajukan gugatan cerai, anak saya ada 2 masih kecil2 ,pertama saya ajak mereka ikut saya, akan tetapai mereka jg kangen mamanya saya tidak tega, saya suruh mamanya ambil anak2, bisa di bayangkan perasaan saya begitu galau anak istri hilang….seperti orang gila, tetapi saya coba sholat 5 waktu habis magrib baca yassin, mlm sholat tahajud, …. hasilnya pikiran saya begitu tenang dan damai…serasa dicintai Allah, tidak ada rasa khawatir dan kecewa lg….saya ikhlaskan semua masalah, ….kepada Allah, mudah2an pengalaman saya ini dapat menjadi pelajaran dan bermanfaat kepada rekan2 yg lain, amiin

  17. nurhalimah nasution says:

    pengalaman saya dengan rutin sholat tahajud alhamdulillah semua keinginan saya tercapai seperti lulus tes pns, dan dimudahkan jalannya dalam semua urusan, hati juga merasa tenang, aman dan tentram dan saya menjadi orang yang lebih ikhlas dan sabar dalam menghadapi cobaan hidup, dan selalu mensyukuri dengan apa yang diperoleh….semakin rutin kita melaksanakan sholat2 sunat, semakin damailah hati kita…..amiinnn

  18. putra says:

    Nasib kita sama bung asril,bedanya urusan rumah tangga saya di luluh lantakan oleh mertua perempuan saya….namun tahajjud telah mengubah fikiran saya…saya merasa lebih di sayang Allah…

  19. Silima says:

    Alangkah bagusnya dari Alqur’an jg di cantumkan, karna lebih meyakinkan sang pembaca.

  20. rezky indra fitria says:

    gw percya kog ma yg ente blng ntuch..gue sndri uda bktikan lngsung

  21. bintang gejora says:

    terima kasih atas infonya !

  22. herman.s says:

    hadits Rsulullah
    ﺇِﻥَّ ﺃَﻭَّﻝَ ﻣَﺎ ﻳُﺤَﺎﺳَﺐُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﺑِﺼَﻠَﺎﺗِﻪِ ﻓَﺈِﻥْ
    ﺻَﻠَﺤَﺖْ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻓْﻠَﺢَ ﻭَﺃَﻧْﺠَﺢَ ﻭَﺇِﻥْ ﻓَﺴَﺪَﺕْ ﻓَﻘَﺪْ
    ﺧَﺎﺏَ ﻭَﺧَﺴِﺮَ
    Yang pertama kali dihisab
    (dihitung) dari perbuatan
    seorang hamba pada hari kiamat
    adalah shalat; jika shalatnya baik
    maka dia beruntung dan
    selamat, dan jika shalatnya rusak
    maka dia merugi. (nasai alam
    kitab sunan an-nasa’i no. 461)

  23. uswatun hasanah says:

    Good Luck ajah buat temen-temen di dunia maya yang sudah ataupun rutin menjalankan solat sunnah tahajud, mudah2an Allah senantiasa memberikan yang terbaik buat kita. Amin…

  24. mizan says:

    terima kasih boss, semoga selalu tambah bermanfaat untuk sesama, oya minta izin buat tak sunting juga buat tak jadiin refensi dan tambahan bahan postingan tentang shlot pada tulisanku di http://www.perkuliahan.com
    smoga si boss ikhlas dan ridlo shingga mnjadi amal ibadah. dan si boss tak doaiin juga moga rejekinya tambah lancar dan tercapai segala cita dan harapanya.
    salam sukses
    mizan
    Banjarnegara.

  25. Viya says:

    Shalat tahajud haruz dilaqukan temen2 cmua ayo kta laksanakan dgn baik

  26. MASRURI, SHI says:

    Sungguh luar biasa keajaiban tahajjud…. belum yakin.. lakukanlah walau hanya dengan 2 rokaat…. namun ingat tahajud memang sangat berat… dan yang lebih berat lagi adalah istiqomahnya.. atau kontinyuitasnya…. terkadang kita tahajud hanya jika ada permasalahan/problem yang rumit…. dan saat masalah itu hilang kita kembali pada kemalesan untuk bangun malam… dan perlu diingat… jangan kita mengedankan tahajud yang hanya sunnah,, sementara solat yang wajib 5kali sehari tidak tertib…. mari kita disiplinkan solat wajib, baru kita tambahkan dengan bangun malam untuk tahajud…. ‘asa anyab’asaka maqomammahmuuda….

    • mundakir says:

      saya stuju apalagi dilakukan secara rutin sebelum sholat tahajud harta yang dimakan bersihkan dulu denga 2,5% oke

  27. MASRURI, SHI says:

    ralat diatas tertulis mengedankan …. yang benar adalah MENGEDEPANKAN… Afwan..

  28. aprilia, shi says says:

    keajaiban itu bner2 ada, alhmdulilah…. nilai2 saya semenjak turun merosot bgt… saya perbaiki lagi … dgn cra melakukan sholat tahajud… karena sya mengigt pesan2 dan nasehat dari ibunda tercinta… sya lngsung melaksanakn sholat tahajud… pertama yg pling di utmakan adlah sholat 5 waktu…. dan tak lupa jam 2 malem sya bgun untuk sholat tahjud…. semejak itu alhmdulilah…. nilai2 saya mulai meningkat kmbli subhana allah allah maha besar…. keajaiban itu bner 2 ada…. ip sya yg tdi 2 koma mnjdi tiga koma…. puji syukur…. hmba sgt bersyukur kpda allah tlah mgabulkan doa2 hmba ….. smoga sholat2 tahajud ini bisa brmnfaat bagi kita smua buat kaum muslim amin……….

  29. reni says:

    jazakumullah khoiron katsiro atas tulisan tentang sholat tahajjud dan kesaksian dr teman2 semua.. Saya belum rutin sholat tahajjud.. masih sering malas bangun malam.. tapi setelah membaca tulisan anda semua.. Jadi semangat deh pengin sholat tahajjud secara rutin… Insya Allah.. Amin..

  30. indra says:

    hwgwah memang benar sholat tahajud itu luar biasa

  31. linda says:

    sangat bnr skli sholat tahajud mmg bnr khasiatnya..wkt saya d’sakiti leh pcr saya n saya merasa sakit hati setelah saya tahajud tengah malam ALLAH mbri petunjuk tuk saya agr saya mpu tegar lg.rasa sakit hati saya dl kni dh hilang n ALLAH pindahkan rasa sakit hati saya tuk mantan saya.

  32. Nil says:

    Saya juga membuktikan manfaat salat tahajud, sejak sma sy selalu mengerjakan tapi waktu itu ketika ada maunya aja hehe alhamdulillah keinginan masuk PTN dikabul begitu lulus saya punya keinginan jd PNS, alhamdulillah dikabul Allah lagi, saat meminta jodoh dan keturunan pun saya lakukan salat tahajud kembali dan alhamdulillah atas izin Allah setelah 7 bulan kosong, saya hamil..dan skrg selama kehamilan dan berumah tangga saya bertekad untuk istiqomah salat tahajud..

  33. andi maryam says:

    bagaiimana cara agar kita rutin untuk mengerjakan sholat tahajjud

  34. ricky says:

    SubhanAllah..
    ALLAH HU AKHBAR..3X
    Tiada yg mustahil bagi
    Allah SWT..
    Kita smua ada di dlm genggaman-Nya..
    Tulisan yg sangat bermanfaat..

  35. mulyadi saja says:

    hmmmmm mudah2han Alloh selalu mengabulkan doa kita melalui tahajut

  36. edupriyanto says:

    saya sangat menyukai sholat malam(Tahajud)tapi kenapa berat sekali yah.InsyaAllah saya sudah mau mencoba untuk lebih dekat lagi.amien

  37. nurhayati says:

    memang terbukti manjur sholat tahajud ini.. Memberikan kekuatan iman, kesehatan fisik dan merasa semakin dekat dan disayang oleh ALLAH SWT.. shg apa yg kita inginkan cepat terkabul

  38. VENDRA says:

    Gw sdh beberapa thn tahajud tp nasib gk berubah. gw nganggur 10thn. gw umur nya 35thn blm pernah pacaran. gw kalau nyari jodoh dan rejeki sering dijahati org. nyoba wiraswasta tp gagal. sering sakit dll

Do you have any comments on Manfaat Sholat Tahajud ?

Support by film terbaru media terbaru agen judi online Privacy Policy