Tips Sukses Wawancara Kerja

September 18th, 2011 by admin | 7 Comments | Filed in lifestyle & tips

Tips Sukses Wawancara Kerja – Bekerja merupakan suatu kewajiban yang diemban oleh setiap manusia, khususnya kepala rumah tangga. Dengan bekerja, kita bisa mendapatkan uang sehingga dapat memenuhi beberapa kebutuhan pokok serta kebutuhan pelengkap atau bisa disebut tersier. Beberapa pekerjaan yang dapat kita lakukan yakni menjadi wiraswastawan, atau biasa disebut sebagai pengusaha, ataupun menjadi karyawan di suatu perusahaan. Ketika pilihan itu jatuh pada keinginan untuk menjadi karyawan di suatu perusahaan, maka kita dapat melihat beberapa lowongan pekerjaan di berbagai media, seperti koran, maupun dari Situs Lowongan Kerja yang tersedia di internet. Setelah itu, kita siapkan Surat Lamaran Kerja kepada perusahaan yang kita tuju tersebut. Setelah itu, apabila kita lolos syarat awal, biasanya dalam proses penerimaannya perusahaan tentunya menyeleksinya melalui beberapa tahap, salah satunya adalah bagian wawancara atau kadang disebut juga dengan interview.

 

Berikut ini akan admin tampilkan Tips Sukses Wawancara Kerja / Interview =

  1. Sebelum kita masuk ruang interview, ketika kita berada di ruangan tunggu, usahakan kita berinteraksi dengan sesama calon pegawai lainnya. Hal ini biasanya diamati oleh perusahaan, guna mengukur tingkat kesupelan atau keluwesan sang calon pegawai dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan seseorang.
  2. Ketika memasuki ruang wawancara, usahakan buang jauh-jauh rasa gugup. sapa dan jabatlah tangan kepada sang pewawancara, dan janganlah duduk sebelum dipersilahkan duduk, kalau perlu bertanya “boleh saya duduk?”.
  3. Pasang tampang penuh percaya diri dan hindari rasa gugup sejauh mungkin. Tingkat kepercayaan diri sangat membantu dalam penilaian dan kelancaran berkomunikasi dengan si pewawancara.
  4. Ketika ada pertanyaan “Anda meminta gaji berapa?” , janganlah menjawab “Terserah” ataupun “Anda bisa menggaji saya setelah Anda melihat kerja saya”, tapi jawablah nominal yang memang Anda inginkan, asalkan tidak terlalu berlebihan. Contoh = “Saya sarjana, rajin, ulet, dan beretos kerja tinggi. Jadi saya menginginkan gaji tiga juta rupiah”. Hal tersebut tentunya meningkatkan nilai dan kualitas Anda. Dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan tegas, maka sang pewawancara tak ragu dalam menilai kualitas Anda.
  5. Biasanya ada juga pertanyaan “Jika dihadapkan pada pilihan, satu sisi Anda harus memimpin rapat penting perusahaan, di satu sisi anak Anda sedang koma di rumah sakt dan butuh Anda untuk mendampingi, pilih manakah Anda, karir atau keluarga?”. Jika ada pertanyaan tersebut, janganlah sekali-kali Anda terjebak dan sok terlalu profesional. Jawablah dengan jujur apa yang Anda rasakan. Seseorang tidak mungkin bisa melihat anaknya sakit parah dan meninggalkannya, dan perusahaan pun tahu, jadi jangan sampai terjebak milih yang rapat ya, hehe :)
  6. Cerna pertanyaan dengan seksama. Biasanya banyak sang pewawancara itu bertanya menjebak akan pertanyaannya, dan kita dituntut untuk jeli. Maksud perusahaan adalah untuk mencari seseorang yang kritis dan teliti / tidak sembrono.
  7. Terakhir, setelah wawancara usai, jangan lupa menjabat tangan lagi dan mengucapkan terima kasih serta ucap salam. Oh iya, jangan lupa senyumnya ya :D

 

Itulah tadi beberapa Tips Sukses Wawancara Kerja Interview yang dapat saya sajikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Tips-tips tersebut memang tidak 100% dapat menjamin lulus, namun setidaknya itulah gambaran dari pengalaman-pengalaman kerja yang telah saya dengar dari orang-orang sekitar. Selain informasi ini, Anda dapat juga melihat informasi lainnya di LINTAS TERBARU. Sekian dan terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , ,

Support by film terbaru media terbaru agen judi online Privacy Policy